Kamis, 02 Maret 2017

Perbedaan Martabak Bangka dan Martabak Bandung

Perbedaan Martabak Bangka dan Martabak Bandung                          
by TimJon (Maret 2017)

Di Indonesia secara garis besar dikenal 2 kelompok Martabak Manis yaitu Martabak Bangka dan Martabak Bandung. Awalnya sebenarnya dari dulu saya bingung dengan perbedaan diantara keduanya, namun berdasarkan pengalaman makan Martabak sana dan sini akhirnya tau juga deh perbedaannya. Hehe. Seperti apa perbedaan antara Martabak Bangka dan Bandung. Mari kita simak.

Di Pulau Bangka, Martabak dikenal dengan nama Ho Lok Phan. (Saya juga baru tau nih nama sejak coba beli Martabak Ari Hok Lo Pan di Cempaka Putih). Dari segi tampilan, martabak Bangka tidak jauh berbeda dari martabak lainnya. Namun, jika diamati lebih teliti martabak Bangka memiliki kulit adonan yang sedikit lebih keras, tebal dan berwarna tua kecoklatan. Selain itu, permukaannya pun berpori dan berserat. 
Sedangkan untuk Martabak Bandung, adonannya tidak terlalu tebal, namun teksturnya lebih lembut,  dan rasanya lebih manis. (Malah banyak juga yang saya kategorikan martabaknya lebih becek, lembek dan klo dipegang akan berantakan ditangan karena lumeran kulit dan toppingnya). 

Berikut ini adalah penjelasan dan foto jenis Martabak Bangka

Martabak Bangka yang ciri khasnya adalah  lebih tebal kulitnya 



Martabak Bangka dikenal berwarna lebih tua kecoklatan



Salah satu ciri khas lainnya pada Martabak Bangka adalah Ketika Adonannya yang Bulat sudah jadi dan diangkat dari loyangnya, maka tidak dipotong menjadi dua bagian. Tetapi langsung dilipat sehingga membuat salah satu piece martabaknya yang juga menjadi bagian FAVORIT saya menjadi terlihat BERLIPAT. Namun tidak semua Martabak Bangka seperti ini ya.


                                   Martabak tinggal dilipat, baru dipotong


Terlihat Lipatan Martabak 

                                                     Terlihat Lipatan Martabaknya 

Dan yang ini adalah jenis untuk Martabak Bandung
                       Martabak Bandung lebih flat dan tidak tebal

             Martabak Bandung Keju yang lebih lembut dan becek klo dipegang


              Biasanya juga Martabak Bandung itu potongan piecenya kecil-kecil


       Martabak Bandung yang lebih lembut kulitnya dan becek klo dipegang di tangan



    Ada beberapa Martabak Bandung yang klo dipegang jadi berantakan berlumuran meses, mentega di tangan karena saking lembutnya.



1 komentar:

  1. Steel World - Titanium Swords & Blade - Ironworks Inc.
    Steel World - Titanium titanium trim walmart Swords & Blade. titanium rod in femur complications Iron hypoallergenic titanium earrings Works' Razor blades provide can titanium rings be resized the titanium rings for men perfect balance of strength and maneuverability while providing

    BalasHapus